• gina

Buah Merah, Buah Ajaib Asal Papua


Buah Merah Khas Papua / cr: goodnewsfromindonesia

Pernah dengar buah merah? Buah berwarna merah sesuai dengan namanya ini merupakan buah khas Papua. Tetapi, masyarakat Wamena Papua menyebutnya buah Kansu. Buah ini dipercaya secara turun-menurun dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Buah merah tumbuh di wilayah Papua, terutama di daerah pegunungan Jayawijaya, Sorong, Nabire, Jayapura, Ayamaru, Timika, dan Manokwari.


Buah ini memiliki nama latin Pandanus Conoideus dan termasuk jenis tanaman pandan-pandanan. Buah merah berbentuk lonjong, dan memiliki tekstur kulit menyerupai buah nangka. Panjang buah ini dapat mencapai 55 cm, cukup besar untuk ukuran buah jenis tanaman pandan.

Lalu apa keistimewaan buah merah hingga menjadi incaran banyak orang? Kandungan buah merah memang kaya akan nutrisi yang dipercaya sangat baik untuk tubuh kita. Nutrisi tersebut dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, bahkan penyakit mematikan sekalipun.


Buah merah mengandung asam lemak seperti omega 9, omega 6, dan omega 3 yang berperan membantu sistem kerja otak. Selain itu, buah merah juga mengandung antioksidan tinggi loh. Kedua kandungan tersebut dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan radikal bebas penyebab kanker. Ia juga mengandung tokofarol yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah diabetes karena mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Bahkan buah merah dipercaya dapat membantu mencegah HIV/AIDS dan hepatitis B. Wah banyak sekali ya manfaatnya!


Tak hanya bermanfaat menyembuhkan penyakit, buah merah juga digunakan oleh masyarakat untuk memasak. Daging buah dan bijinya dapat ditumbuk dan dicampurkan air, kemudian disaring untuk dijadikan saus merah kental sebagai bumbu masakan. Selain itu, minyak ekstrak buah merah dapat digunakan sebagai pewarna alami makan yang tidak mengandung mikroorganisme patogen atau logam berat. Minyak ini pun dapat digunakan sebagai penyedap makanan. Dengan manfaat yang beragam, buah merah pun dapat dikonsumsi dengan cara yang beragam pula. Buah merah dapat dikonsumsi dengan cara dimakan langsung, direbus, dipanggang, hingga dimasak dalam oven batu hingga matang.


Setelah mengetahui manfaat buah merah yang beragam, tak heran jika buah merah disebut-sebut sebagai buah keajaiban kan? Bukan tanpa alasan, buah merah memang ajaib karena memiliki sejuta manfaat. Penasaran ingin mencoba buah merah?



Penulis: Shabs


Sumber :

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-buah-merah-dari-papua/

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/01/15/100000120/nikmati-manfaat-buah-merah-dari-tanah-papua-?page=all

https://bobo.grid.id/read/08681122/buah-merah-buah-asli-papua-yang-banyak-manfaatnya?page=2


0 views

Jakarta: @econusa | Papua: @pacebentara | Email : hutanpapua@gmail.com

©2018 @econusa.id for hutanpapua.id