• gina

Lulus dengan Magna Cum Laude di AS, Mahasiswi Papua Rindu Kampung Halaman


Sherina Fernanda Msen & Gubernur Papua, Lukas Enembe SIP,. MH / Cr: Tribunnews

Bulan Mei lalu Indonesia mendapatkan kabar baik atas prestasi putra-putri asal Papua yang lulus dari Universitas Corban, Oregon, Amerika Serikat. Salah satunya adalah Sherina Fernanda Msen yang lulus dengan predikat magna cum laude atau predikat kehormatan.


Hal yang lebih membanggakan untuk Sherina Fernanda Msen adalah ia dianugerahi “Top Accounting Student” oleh Oregon Society of Certified Public Accountants OSCPA. Dilansir dari koran-jakarta.com, Sherina menyatakan, “Saya tidak sangka lulus dengan magna cum laude. Saya memang punya passion pada numbers (angka), matematika, dan problem solving, karena itu memilih akuntansi dan manajemen.”


“Saya awalnya memilih jurusan ini karena akuntansi dan manajemen mempunyai peluang besar dalam karier. Setiap perusahaan pasti membutuhkan sistem keuangan yang baik kan.” Lanjutnya lagi. Mahasiswi jurusan akutansi, kepemimpinan, dan manajemen ini merupakan mahasiswa asli Papua penerima beasiswa Otonomi Khusus (Otsus) yang disalurkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua.


Sherina pun mengapresiasi program yang diadakan oleh Pemprov Papua dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia melalui beasiswa Dana Otsus Papua. Ia mempunyai harapan bahwa program ini dapat dilanjutkan karena sangat mendukung pendidikan mahasiswa Papua yang ada di dalam negeri maupun luar negeri.


Walaupun sudah mendapatkan tawaran untuk melanjutkan pendidikan S2 di beberapa kampus ternama di AS, Sherina malah mendambakan ingin pulang ke kampung halamannya.


Rindu Papua & Tradisi Bakar Batu

Gubernur Lukas Enembe SIP,. MH bersama mahasiswa-mahasiswi mengadakan acara bakar batu di Sport Center Corban University, AS / Cr: ceposonline.com

“Saya pribadi malah ingin pulang ke Papua. Saya rindu Papua. Memang benar seperti kata Bapak Gubernur Lukas Enembe bahwa anak-anak Papua bisa mengharumkan nama Papua dan Indonesia di mana pun juga, tidak perlu harus di Papua. Dengan kita bekerja dan berprestasi di tempat lain, kita bisa bantu Papua dan Indonesia dari tempat itu.”


Sherina bahkan memimpikan pulang kembali dan bekerja di Papua. Perempuan asli Biak yang tinggal di Jayapura ini selain kuliah juga bekerja sambilan dengan memberikan tutoring kepada mahasiswa lain yang membutuhkan bimbingan.


Setelah diwisuda dua bulan lalu, mereka pun tidak lupa menggelar upacara Bakar Batu khas Papua sebagai rasa syukur. Diselenggarakan oleh sang Gubernur, Sherina dan 6 orang mahasiswa Papua yang lulus pada hari itu pun diajak untuk melakukan upacara tradisional bakar batu.


“Kami buat bakar batu yang cukup bagus di dekat asrama mahasiswa di pinggiran kampus Oregon. Kami undang seluruh mahasiswa dan warga sekitar. Dalam upacara tradisional itu dosen-dosen mereka dan saya sendiri memberi pesan dan nasihat untuk kehidupan mereka kelak. Kita sambut mereka, bangga, dan beri penghargaan buat mereka. Benar-benar suasana kekeluargaan yang mengharukan.” Pungkas Lukas.


Tradisi bakar batu sendiri merupakan salah satu tradisi penting di Papua yang berupa ritual memasak bersama-sama warga satu kampung yang bertujuan untuk bersyukur, bersilaturahim, dan menyambut kebahagiaan. Di mana pun kita berada, akan lebih baik untuk tetap mengingat budaya kampung halaman dan menerapkannya.


Penulis: Gina Arsita

Sumber:

http://www.koran-jakarta.com/lulus--magna-cum-laude---sherina-rindu-pulang-ke-papua/

0 views

Jakarta: @econusa | Papua: @pacebentara | Email : hutanpapua@gmail.com

©2018 @econusa.id for hutanpapua.id