• gina

Misool, Permatanya Raja Ampat


Pulau Misool / sumber: travelingyuk.com

Misool, ada yang sudah pernah dengar? Ini nama pulau yang berada di distrik Misool, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Pulau ini salah satu dari empat pulau besar yang ada di Kepulauan Raja Ampat. Ketiga pulau lainnya yakni Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Waigeo. Pulau ini memiliki luas 2.034 km² dengan titik tertinggi mencapai 535m dan kota utama yaitu Waigama.


Jika kamu pernah ke sini pasti kamu tahu bahwa pulau ini berbatasan langsung dengan Laut Seram. Pulau ini terletak di kepala burung Papua Barat dan berdekatan dengan Kota Sorong. Area pulau Misool sendiri terbagi dua yakni Misool Timur Selatan dan Misool Barat yang sama-sama terkenal dengan keanekaragaman budaya serta hayati laut dan daratnya.


Banyak hal yang bisa kamu lakukan jika datang ke sini. Pertama tentu kamu wajib mengelilingi Pulau menggunakan boat. Pulau ini belum dijamah banyak orang jadi berkeliling menikmati keindahan akan terasa nyaman dan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Setelah berkeliling pulau kamu bisa langsung melakukan snorkeling. Di sana banyak terumbu karang yang bisa dinikmati sambil menyelam.


Dua Goa Unik di Misool

Jika ingin lebih masuk ke dalam, kamu bisa mengunjungi dua Goa yang unik sekali. Yaitu Goa Telapak Tangan dan Goa Putri Termenung. Di Goa Telapak Tangan terdapat lukisan pra sejarah atau lukisan manusia purba sejak jaman dahulu kala. Apa yang digambar? Gambar telapak tangan! Dan bukan hanya itu saja, terdapat gambar binatang laut juga seperti ikan, bintang laut, dan lumba-lumba.

Lukisan Telapak Tangan / sumber : detiktravel.com

Sementara itu di Goa Putri Termenung yang berada di Pulau Len, Makana, Misool, adalah sebuah bebatuan stalakmit yang menyerupai seorang perempuan duduk termenung dalam sebuah goa. Katanya, secara kasat mata pengunjung dapat melihat secara jelas gambaran wajah dan rambut yang terurai menutupi wajah. Di hadapannya terdapat empat buah batu sebagai tempat duduk atau istirahat. Sudah ada yang pernah datang ke sini?

Goa Putri Termenung / sumber: kompasiana.com

Alaminya Pulau Misool tentu harus kita jaga. Jangan sampai kita terlena akan keindahan dan berujung malah mengotori pulau ataupun mengambil sesuatu yang bukan milik kita dari pulau ini. Berwisata juga harus punya etika!



Penulis: Gina

16 views

Jakarta: @econusa | Papua: @pacebentara | Email : hutanpapua@gmail.com

©2018 @econusa.id for hutanpapua.id