• gina

Papua dan Kopi



Bagi penikmat kopi, tentu sudah tahu berbagai jenis kopi yang ada di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, kita memiliki kopi khas masing-masing daerah. Kondisi alam yang tropis membuat kopi dapat tumbuh subur dan menghasilkan pundi-pundi rupiah bagi para petaninya.


Di Papua sendiri yang terkenal adalah kopi Wamena Arabika atau dikenal dengan nama Arabika Baliem. Mengapa disebut Arabika Baliem? Karena kopi ini terletak di lembah Baliem penggunungan Jayawijaya, Wamena dengan ketinggian 1.600 m di atas permukaan laut.

Kopi ini juga tergolong kopi organik loh karena bisa tumbuh secara alami di hutan tropis Papua tanpa menggunakan pupuk kimia. Proses penanaman biji kopinya pun masih tradisional, yakni ditanam oleh petani tanpa menggunakan alat-alat modern. Begitu juga dengan pengolahan kopi yang dilakukan dengan menggunakan “mesin” alami, yaitu hewan luwak.


Cara kerjanya adalah luwak akan memilih biji kopi yang bagus dengan kualitas terbaik untuk dikonsumsinya. Di sinilah kelebihan yang didapat bila menggunakan hewan luwak dalam proses pengupasan kopi. Luwak hanya akan memilih biji kopi terbaik untuk dikonsumsi dan dicerna. Selain itu biji kopi yang dikeluarkan dari pencernaan luwak juga akan memiliki kualitas tinggi sehingga menghasilkan cita rasa kopi yang sangat nikmat. Setelah itu, kopi harus menjalani proses fermentasi selama 10 jam lamanya, untuk memastikan kematangannya. Langkah terakhir, para petani harus memastikan biji kopi hanya memiliki sisa air sebanyak 12 persen saja.


Inilah faktor yang membuat kopi Arabika Wamena memiliki cita rasa yang nikmat dan istimewa dibanding dengan cita rasa arabika lainnya. Sebab setiap proses yang dilalui dilakukan dengan sepenuh hati dan tanpa tersentuh bahan-bahan kimiawi. Aroma kopinya sendiri harum, halus, dan memiliki after taste (rasa yang muncul setelah minum kopi) yang sangat manis. Selain itu, kopi ini juga memiliki kadar asam yang rendah sehingga bisa dikonsumsi oleh semua orang. Makin mantap jika menikmati secangkir kopi ini dengan pisang goreng hangat. Nah, kira-kira kamu tertarik buat mencicipi kopi Arabika Wamena yang satu ini?


Penulis: Shab

27 views

Jakarta: @econusa | Papua: @pacebentara | Email : hutanpapua@gmail.com

©2018 @econusa.id for hutanpapua.id