• gina

Pentingnya Mangrove


Ilustrasi. Hutan Mangrove / iucn.org

Mangrove adalah ekosistem hutan daerah pantai yang terdiri dari kelompok pepohonan yang bisa hidup dalam lingkungan berkadar garam tinggi. Penampakan mangrove sendiri seperti hamparan semak belukar yang memisahkan daratan dengan laut. Mangrove tumbuh pada pantai-pantai yang terlindung atau pada pantai yang datar, biasanya di tempat yang tidak ada muara suangainya dan tumbuh meluas. Mangrove tidak tumbuh di pantai yang terjal dan berombak besar dengan arus pasang surut yang kuat, karena hal ini tidak memungkinkan terjadinya pengendapan lumpur dari pasir.


Mangrove tumbuh di 124 negara tropik dan subtropik dengan luasan di dunia sekitar 15,2 juta hectare. Indonesia bersama Australia, Brasil, Nigeria, dan Mexico mewakili 48% dari luasan hutan mangrove dunia. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya pada Konferensi Internasional Ekosistem Mangrove Berkelanjutan di Bali (18/4/2017) menuturkan berdasarkan data One Map Mangrove luas ekosistem mangrove Indonesia 3,5 juta hectare yang terdiri dari 2,2 juta ha di dalam kawasan dan 1,3 juta ha di luar kawasan mangrove.


Jenis dan struktur hutan mangrove milik Indonesia lebih bervariasi dibandingkan dengan hutan mangrove di Negara Asia Tenggara lainnya. Ini dikarenakan antara kondisi habitat yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti jenis tanah, frekuensi genangan air, dan tipe pasang surut air.


Seberapa penting mangrove untuk kehidupan kita? Sangat penting! Hutan Mangrove memiliki peranan dan manfaat yang banyak sekali baik langsung maupun tidak langsung bagi lingkungan sekitarnya terutama bagi penduduk pesisir. Yuk kita bahas satu persatu apa aja sih manfaat mangrove untuk kehidupan kita, lingkungan kita, dan alam kita.


1) Mencegah Intrusi Air Laut

Intrusi laut merupakan peristiwa perembesan air laut ke tanah daratan. Intrusi laut dapat menyebabkan air tanah menjadi payau sehingga tidak baik untuk dikonsumsi dan kita pasti akan kesulitan mencari air untuk dapat dipergunakan.


2) Mencegah Erosi dan Abrasi Pantai

Hutan Mangrove menjadi salah satu tempat yang bisa menjaga perbatasan antara kawasan darat dan laut. Hutan Mangrove memiliki akar yang efisien dalam melindungi tanah di wilayah pesisir, sehingga dapat menjadi pelindung pengikisan tanah akibat air.


3) Pencegah dan Penyaring Alami

Akar dari pohon bakau dapat mempercepat penguraian limbah organic yang terbawa ke wilayah pantai. Hutan mangrove juga dapat membantu mempercepat proses penguraian bahan kimia yang mencemari laut seperti minyak dan diterjen, juga sebagai penghalang alami terhadap angina laut yang kencang pada musim tertentu.


4) Tempat Hidup dan Sumber Makanan Bagi Beberapa Jenis Satwa

Kawasan hutan mangrove adalah tempat paling nyaman untuk beberapa jenis makhluk hidup dan organisme. Contohnya seperti biawak, kura-kura, monyet, beberapa jenis hewan laut seperti ikan, udang, dan kepiting. Akar tongkat pohon mangrove memberi zat makanan dan menjadi daerah nursery bagi hewan ikan dan invertebrata yang hidup di sekitarnya.


5) Dampak Ekonomi

Pohon mangrove yang banyak ditanam bisa dipanen seperti jenis tumbuhan lain. Manfaat hutan mangrove bagi manusia berguna untuk diolah menjadi berbagai benda hiasan atau kerajinan, ini sangat penting untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan meningkatkan standar ekonomi pada daerah tertentu.


6) Mencegah Pemanasan Global

Mengembangkan kawasan hutan mangrove bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah atau mengurangi dampak pemanasan global. Tanaman mangrove ini menjadi salah satu penopang pemanasan dari perairan laut, selain itu mangrove juga berperan untuk mengatasi masalah banjir pada kawasan pesisir.


7) Berperan Dalam Pembentukan dan Menstabilkan Daerah Pesisir

Yang paling penting adalah hutan mangrove seringkali dikatakan pembentuk daratan karena endapan dan tanah yang ditahannya menumbuhkan perkembangan garis pantai dari waktu ke waktu. Pertumbuhan mangrove memperluas batas pantai dan memberikan kesempatan bagi tumbuhan terrestrial hidup dan berkembang di wilayah daratan.


Lihat betapa hutan mangrove sangat penting bagi kehidupan kita. Menjaga mangrove merupakan bagian dari tindakan nyata atas kepedulian kita terhadap lestarinya alam dan kehidupan, penting bagi kita untuk menjaga hutan mangrove supaya lestari dan membawa kegunaan bagi kehidupan kita dan anak cucu kita nanti.


Yuk, mulai dari diri sendiri, marilah jaga lingkungan demi hidup dan kehidupan.


Selamat Hari Mangrove Sedunia.




Sumber: https://www.gentlemancode.id/read/wajib-tau/Inilah-5-Manfaat-Hutan-Mangrove-Untuk-Manusia

0 views

Jakarta: @econusa | Papua: @pacebentara | Email : hutanpapua@gmail.com

©2018 @econusa.id for hutanpapua.id