• gina

Tari Sajojo, Semangat Rakyat Papua


Tari Sajojo / Cr: www.jurnalismemsi.id

Siapa yang tidak tahu tari Sajojo? Tarian tradisional asal Papua ini termasuk pada jenis tarian pergaulan yang bisa ditarikan oleh siapa saja, baik pria maupun wanita, tua maupun muda. Tari Sajojo adalah salah satu tarian asal tanah Papua yang terkenal hampir di seluruh bagian di Indonesia. Di Papua sendiri tari ini sering dipentaskan pada berbagai acara adat maupun hiburan sementara di luar Papua sendiri tarian ini sering digunakan untuk acara hiburan dan senam.


Sejarah Tari Sajojo

Walaupun tarian ini terkenal di seluruh daerah di Indonesia, namun asal usul tarian ini masih belum dapat diketahui secara pasti. Dilansir dari negerikuindonesia.com, beberapa sumber menyebutkan bahwa tarian ini sudah ada dari tahun 1990-an. Karena gerakannya yang khas, energik, dan penuh keceriaan tari Sajojo kemudian dipopulerkan dan berkembang pesat di kalangan masyarakat Papua hingga kini.


Nama Tari Sajojo diambil dari judul lagu yang mengiringinya yakni lagu Sajojo. Lagu Sajojo merupakan lagu daerah asal Papua yang menceritakan seorang gadis yang diidolakan dan dicintai di kampung halamannya. Lirik lagu dalam lagu Sajojo memang tidak tergambarkan pada tari Sajojo, namun irama lagu yang ceria sangat cocok dengan gerakan tarian tersebut.


Sudah pernah menarikan tari Sajojo? Tarian ini membuat siapapun yang menarikannya harus meloncat, bergerak ke depan, ke belakang, ke kiri maupun ke kanan dengan ritme dan gerakan yang tegas. Tarian ini bagus jika ditarikan secara bersama-sama karena akan memperlihatkan gerakan yang energik khas Tanah Papua.


Semangat Rakyat Papua

Dengan gerakan dan irama yang enak untuk ditarikan bersama-sama, tarian ini memperlihatkan semangat kebersamaan dan kerja sama rakyat Papua. Kekompakan gerakan para penari sangat penting dalam tarian ini, jadi rasa percaya sesama penari satu sama lain tentunya sangat tinggi untuk mencapai sebuah tarian yang harmonis.


Para penari yang akan menampilkan tarian ini biasanya tampil menggunakan busana tradisional khas Papua yang terbuat dari akar atau daun. Seiring berjalannya waktu, ada beberapa kreasi yang ditambahkan. Seperti menggunakan kain agar telihat lebih menarik. Tak lupa penari juga menambahkan beberapa aksesoris seperti penutup kepala, kalung, dan lukisan tubuh bercorak etnis khas Papua.


Perkembangan tari Sajojo kini ditampilkan dengan berbagai kreasi dan variasi agar semakin menarik dan tidak terlihat kuno, baik dari gerakan maupun kostum. Walau begitu para penari tetap tidak akan meninggalkan ciri khas dan keaslian tarian Sajojo mereka ini. Hal yang dilakukan pemerintah untuk terus melestarikan serta memperkenalkan tarian ini kepada generasi muda adalah dengan menampilkan tarian ini di berbagai acara budaya seperti pertunjukan seni, festival wisata, dan promosi pariwisata.


Penulis: Gina Arsita

Sumber:

http://www.negerikuindonesia.com/2015/11/tari-sajojo-tarian-tradisional-dari.html

32 views

Jakarta: @econusa | Papua: @pacebentara | Email : hutanpapua@gmail.com

©2018 @econusa.id for hutanpapua.id