• gina

Woromo, Buah Berkhasiat Asal Papua


Buah Woromo / Cr: imajipapua.com

Papua terkenal akan buah merahnya yang mempunyai banyak manfaat dan khasiat untuk masyarakat. Namun siapa sangka bahwa ada satu buah lagi yang juga tak kalah dari buah merah khasiatnya, yakni buah Woromo. Buah Woromo yang berasal dari keluarga pandan (Pandaneceae) mempunyai beberapa nama lokal seperti karu, hekali, helak, owadak, maupun kelapa hutan yang dilansir dari imajipapua.com. Woromo merupakan tanaman endemik Papua yang berasal dari wilayah pegunungan tengah.


Jika dilihat dari tekstur, buah ini hampir mirip dengan beberapa buah yang sudah akrab bagi kitaseperti buah nangka, sukun dan durian karena memiliki tekstur yang sama yakni kulitnya berduri tipis. Perbedaannya hanyalah daging buah Woromo lebih keras. Terdapat pula dua komponen utama pada buah Woromo yakni biji dan daging buah.


Untuk komponen biji, ia memiliki cangkang yang keras dan memiliki aroma yang mengandung air dalam buah segar dan rasa gurih. Biji Woromo ini dapat dikonsumsi dalam bentuk fisik segar maupun dibakar. Jika dibakar, buah ini akan mengeluarkan aroma yang sangat khas. Sementara daging buah Woromo bermanfaat sebagai bahan pangan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat asli pegunungan tengah Papua. Daging ini berwarna putih, putih kekuningan sampai orange dengan aroma yang khas.


Dengan tekstur yang halus sampai agak keras, daging Woromo mempunyai rasa yang gurih. Daging buah ini kabarnya sampai sekarang tidak pernah dipasarkan hanya dikonsumsi oleh petani ketika musim panen tiba. Untuk mendapatkan daging buah ini pun biasanya petani masuk ke hutan selama 2-3 bulan untuk budidaya.


Peneliti asal Papua bernama Dr Been Kogoya, SP, MMA, dalam artikel di kabarpapua.co telah meneliti kandungan bioaktif dari buah Woromo. Hasilnya pun mengatakan buah ini dapat meningkatkan potensi ekonominya, seperti dapat diolah menjadi minyak Woromo, kapsul dan sabun. Dengan mengandung asam lemak tidak jenuh yang terdiri dari asam oleat, asam linoleate, palmitate, total omega -9, total omega -6, total omega -3, lemak tak jenuh tunggal (MUFA), lemak tak jenuh ganda (PUFA), DHA dan EPA, buah ini banyak sekali khasiatnya.


Buah Woromo yang diekstrak menjadi minyak ataupun diolah menjadi kapsul mempunyai khasiat untuk mengobati penyakit jantung, kolesterol, asam urat, osteoporosis, kanker, tumor, hipertensi, maag, dan lainnya. Dengan banyaknya khasiat, Dr Been Kogoya sedang dalam persiapan untuk memproduksi dalam jumlah yang lebih besar.


Bila dikembangkan dengan baik, tentu buah Woromo dapat membantu ekonomi masyarakat orang Papua dan membantu mengobati beberapa penyakit.




Penulis: Gina Arsita

Sumber:

https://kabarpapua.co/manfaat-buah-woromo-papua-yang-jarang-diketahui/

https://www.facebook.com/wpicbe2018/posts/buah-woromo-merupakan-buah-dari-keluarga-pandan-pandaneceae-namun-populer-dengan/2149441095267693/?_rdc=1&_rdr

https://woromopapua.wordpress.com/2016/10/07/manfaat-buah-woromo-papua/

https://imajipapua.com/2018/06/13/mengenal-buah-woromo-dari-papua-yang-berkhasiat/

https://kabarportnumbay.net/2018/06/10/woromo-pandan-papua-berkhasiat-obat/

69 views

Jakarta: @econusa | Papua: @pacebentara | Email : hutanpapua@gmail.com

©2018 @econusa.id for hutanpapua.id